Rabu, 06 April 2016

Apa itu VOC??

VOC atau Volatile Organic Compounds adalah salah satu penyebab ozon. Selain itu, nitrogen oksida yang dihasilkan sebagai polusi juga merupakan pembentuk ozon bersama VOC. 

Awas bahaya Volatile Organic Compounds! Volatile Organic Compounds adalah sekelompok senyawa yang terdiri atas senyawa-senyawa seperti benzen hingga formalin. Bahaya Volatile Organic Compounds atau VOC bukan hanya akan merugikan manusia, tetapi juga bisa merugikan lingkungan. Salah satu sumber polusi kelompok senyawa ini adalah penggunaan cat berbasis minyak atau oil based paint.

VOC atau Volatile Organic Compounds adalah senyawa organik yang memiliki sifat mudah menguap. Mudahnya senyawa ini untuk menguap pada akhirnya akan menyebabkan lingkungan udara di sekitar bahan yang mengandung senyawa tersebut bersifat toksik karena senyawa VOC memang memiliki sifat tersebut. Contoh senyawa VOC adalah senyawa BTEX atau benzena, toulena, etilbenzena, dan xyelena. Salah satu akibat Volatile Organic Compounds adalah fenomena sick building syndrome. Sick building syndrome adalah fenomena yang terjadi dimana rumah bisa menyebabkan penghuninya terganggu karena paparan biologis dan kimia seperti senyawa ini. Dalam skala yang lebih luas, keberadaan VOC bahkan bisa menyebabkan ekosistem lingkungan terganggu dengan terbentuknya ozon.