Selasa, 05 April 2016

Keunggulan Kayu Jati

Keunggulan Kayu Jati
Keberadaan kayu jati tidak dapat digantikan meski kemajuan zaman telah menghadirkan bermacam bahan furniture yang dinilai lebih elegan dan prestisius. Misalnya saja penggunaan pintu yang berbahan besi atau alumunium tetap akan kalah poin dengan kayu jati dalam hal nilai rasa seni.

Kayu jati terutama kayu jati Jawa merupakan jenis kayu yang sangat diminati. Kayu ini termasuk kayu kelas satu, baik pada tingkat kekerasan maupun keawetan kayu tersebut. Meskipun termasuk kayu keras dan sangat kuat, namun kayu jati mudah untuk dipotong maupun diolah. Sehingga jenis kayu ini sangat disukai untuk dijadikan furniture maupun produk kerajinan.

Keunggulan Kayu Jati di banding dengan kayu lainnya diantaranya yaitu :

Kayu jati memiliki daya tahan cukup kuat terhadap serangan jamur dan lumut, serangan serangga, maupun perubahan suhu dan cuaca. Ini disebabkan karena kayu jati memiliki kandungan minyak yang membuat kekuatan kayu tersebut lebih baik dari jenis kayu lainnya.Selain itu, kayu jati memiliki karakteristik yang khas pada serat kayunya. Pola lingkaran yang menunjukkan umur kayu jati terlihat sangat jelas dan membentuk pola yang sangat menawan. Saat kayu di-finishing menggunakan plitur, permukaannya sangat halus, licin dan terlihat berminyak. Warna kayu jati yang eksotik semakin menambah poin dari kayu ini. Tak heran jika kayu ini masuk dalam golongan kayu premium berharga mahal.
Dengan berbagai keunggulan dari kayu jati tersebut, banyak perusahaan furniture yang menjadikan kayu jati sebagai bahan utamanya. Kayu jati sering diolah menjadi outdoor furniture, indoor furniture, elemen rumah seperti pintu, jendela, panel, bahkan tak jarang kayu jati digunakan untuk lantai.
Bagi Anda yang memiliki furniture atau elemen rumah berbahan kayu jati, sangat disarankan untuk merawatnya menggunakan bahan terbaik. Salah satu bahan yang sering digunakan untuk merawat kayu jati adalah dengan melapisinya menggunakan cat transparan seperti plitur. Namun sebaiknya Anda tidak sembarangan memilih produk plitur. Memilih plitur yang berkualitas, aman dan ramah lingkungan akan membantu menjaga furniture kesayangan Anda.