Minggu, 03 April 2016

Pengertian Cat Water Based dari Berbagai Aspek

pengertian cat water based

Pengertian cat water based?
cat water based atau cat berbasis air adalah cat yang menggunakan air sebagai salah satu komponennya. Air digunakan sebagai pelarut baik untuk membuat formula cat, maupun untuk mengencerkan produk tersebut ketika akan diaplikasikan.

Makna Cat Water Based dari Aspek Kelestarian Alam


Produk water based paint & coating memiliki makna khusus ketika sudut pandang kelestarian alam digunakan. Water based paint menawarkan teknologi baru yang lebih aman dan ramah lingkungan. Pasalnya, pelarut seperti thinner dan spiritus yang digunakan cat solvent mengandung banyak Volatile Organic Compounds atau senyawa organik mudah menguap. Padahal, senyawa-senyawa tersebut memiliki efek yang buruk bagi kelestarian alam dan kesehatan manusia.
VOC dapat meningkatkan jumlah O3 (Ozon) di permukaan bumi. Pada lapisan stratosfer, ozon memang memiliki efek yang baik karena mampu menangkal radiasi ultraviolet. Akan tetapi di bagian permukaan bumi, O3 malah meningkatkan efek rumah kaca. Menurut EPA, berbagai kandungan VOC seperti benzena dan formalin juga terbukti secara langsung toksik pada organisme. Paparan VOC meningkatkan resiko kanker, gangguan organ dalam, dan penurunan fungsi kecerdasan.